Tidak Sulit, Lakukan 4 Langkah Ini untuk Mengajari Balita Gosok Gigi Sendiri!

Walaupun masih balita, kesehatan gigi si kecil jangan sampai diabaikan, ya, Bunda. Menjaga Kesehatan gigi si kecil sudah bisa Bunda lakukan sejak dini. Mulai dari umur 6 bulan, Bunda sudah bisa membantu si kecil membersihkan sisa makanan pada gigi dan mulut bayi dengan menggunakan sikat gigi karet. Ketika sudah beranjak usia 1 tahun, Bunda sudah bisa pelan-pelan mengajari si kecil menggosok gigi sendiri. Kelihatannya susah, namun jika sudah dibiasakan dari dini, si kecil sudah bisa diajak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya loh! Selain membersikan gigi, jangan lupa untuk selalu rutin cek kesehatan gigi si kecil di rekomendasi klinik gigi Jakarta yang bisa memberikan edukasi secara menyenangkan agar si kecil tidak takut untuk ke dokter gigi.

Lalu, bagaimana agar si kecil tertarik untuk menggosok gigi sendiri? Yuk, simak artikel ini!

Mengajari Balita Gosok Gigi
Mengajari Balita Gosok Gigi
  1. Ajak Si Kecil untuk Memilih Sikat dan Pasta Gigi Sendiri

Semua kegiatan yang berhubungan dengan si kecil ada baiknya selalu menarik agar si kecil merasa antusias untuk melakukannya. Sama halnya dengan belajar makan, untuk urusan menggosok gigi Bunda bisa lakukan hal yang menarik juga. Salah satunya adalah dengan mengajak si kecil untuk memilih sendiri sikat dan pasta gigi yang mereka sukai. Dari sekian banyak warna sikat gigi dan rasa pasta gigi yang beraneka ragam, Bunda bisa mengarahkan mereka untuk memilih sendiriĀ  sikat dan pasta gigi yang mereka sukai.

  1. Berikan Contoh

Masa balita adalah masa-masa di mana si kecil masih mencontoh semua tingkah laku dan ucapan dari orang dewasa dari sekitarnya. Nah, hal ini juga bisa Bunda terapkan pada saat mengajari untuk menggosok gigi. Bunda bisa berikan contoh bagaimana cara membersihkan gigi dengan cara lakukan hal ini rutin bersama dsi kecil pada pagi dan malam hari. Bisa dengan cara berdiri di depan wastafel bersama-sama atau saling berhadapan satu sama lainnya. Bunda bisa rutin ajarkan bagaimana caranya gerakan menggosok gigi secara perlahan, mengeluarkan busa dari mulut, serta akhirnya membersihkan sikat gigi dan menaruhnya di tempat yang benar.

  1. Wastafel yang Mudah Dijangkau

Jika Bunda ingin mengajari balita menggosok gigi di wastafel, ada baiknya untuk memperhatikan ketinggian wastafel, apakah wastafelnya bisa dijangkau oleh si kecil di rumah. Kalau memang tidak bisa dijangkau, Bunda bisa memberikan bantuan berupa pijakan yang sesuai. Pastikan agar pijakan tidak mudah bergeser ya, Bunda. Lalu lengkapi si kecil dengan gelas plastik agar si kecil lebih mudah untuk mengambil air dan berkumur.

  1. Memberikan Pujian

Setelah proses menggosok gigi selesai, Bunda bisa memberikan apresiasi dengan memberikannya pujian. Dengan pujian, bisa memberikan si kecil semangat untuk terus menggosok gigi dengan gerakan yang bernar. Ajak juga semua anggota keluarga untuk memberikan semangat agar si kecil semakin terdorong untuk rajin menggosok gigi.

Bagaimana, Bunda? Ternyata dari ha-hal sederhana bisa membantu si kecil agar terus rajin menggosok gigi. Bunda bisa coba lakukan 4 langkah ini kepada si kecil. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *