Mengenal Ragam Jenis Rambu Lalu Lintas

Ketika berkendara dengan kendaraan bermotor, memahami serta menaati rambu lalu lintas adalah hal yang sangat penting dan wajib. Hal ini dikarenakan rambu lalu lintas tersebut memang dibuat untuk memberikan peringatan dan perintah demi keamanan, keselamatan dan ketertiban yang terjaga selama berlalu lintas.

Nah, berbincang tentang rambu lalu lintas, tentu Anda sudah familiar dengan beragam tanda rambu lalu lintas tersebut, bukan?

Ya, pada dasarnya, rambu lalu lintas memang memiliki beberapa jenis dan memiliki beragam tanda yang berbeda-beda. Tentu, agar Anda memiliki pemahaman yang baik, maka penting bagi Anda untuk mengetahui jenis dari rambu lalu lintas tersebut.

Rambu Lalu Lintas
Rambu Lalu Lintas

Ragam Jenis Rambu Lalu Lintas

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada beragam jenis rambu lalu lintas yang tersedia dan digunakan sebagai salah satu pengatur ketertiban dalam berkendara. Adapun beberapa jenis rambu lalu lintas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rambu peringatan

Salah satu jenis rambu lalu lintas yang digunakan adalah rambu peringatan. Sebagaimana namanya, fungsi utama dari rambu lalu lintas yang satu ini adalah untuk memberikan peringatan kepada para pengguna jalan.

Peringatan yang diberikan pada pengguna jalan ini umumnya merupakan peringatan tentang kondisi dari jalan yang dilewati ataupun kemungkinan adanya bahaya yang akan ditemukan di jalanan tersebut. Nah, rambu lalu lintas peringatan memiliki bentuk berupa pelat persegi.

Tidak hanya itu, jenis rambu lalu lintas ini dibuat dengan warna dasar kuning. Kemudian, detail peringatan digambar dengan warna hitam.

2. Rambu larangan

Rambu larangan merupakan jenis rambu lalu lintas yang digunakan untuk memberikan larangan bagi pengguna jalan guna melintasi jalan tersebut. Selain itu, rambu ini juga bisa digunakan untuk melarang seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu, terutama yang berada dalam satu ruang lingkup dengan kawasan jalan.

Nah, berbeda dengan rambu peringatan, rambu larangan dibuat dengan bentuk lingkaran dengan warna dasar putih dan warna tepian merah. Larangan pada rambu digambar dalam warna hitam. Meskipun, bahan yang digunakan sama, yaitu pelat.

3. Rambu perintah

Jenis rambu lalu lintas lain yang perlu diketahui adalah rambu perintah. Sesuai namanya, rambu ini berisi tentang perintah yang harus ditaati oleh pengguna jalan di mana rambu lalu lintas tersebut dipasang.

Detail rambu lalu lintas ini dibuat dengan pelat berbentuk lingkaran atau persegi dengan dasar warna putih. Nantinya, simbol dari larangan yang diberikan menggunakan rambu lalu lintas ini dibuat dengan warna hitam ataupun warna merah.

4. Rambu petunjuk

Rambu petunjuk juga termasuk jenis rambu lalu lintas yang banyak digunakan. Nah, seperti namanya, rambu ini digunakan untuk memberikan bantuan pada pengguna jalan yang mencari tujuan tertentu.

Dalam pembuatannya, rambu petunjuk dibuat dengan bentuk persegi panjang dengan bagian salah satu ujung berbentuk panah sebagai penunjuk. Nah, rambu ini berisi tentang informasi terkait jarak dan tempat penting yang bisa dijadikan patokan.

Umumnya, rambu lalu lintas ini dibuat dengan warna dasar hijau dan ukuran yang cukup besar agar terlihat. Informasi tempat dan jarak pada rambu petunjuk ditulis dan digambar dengan warna putih.

Beberapa hal di atas merupakan beragam jenis rambu lalu lintas yang kerap digunakan sebagai salah satu media untuk menciptakan ketertiban dan keamanan dalam berkendara dan memakai jalan. Nah, untuk informasi yang lebih lengkap, Ada bisa mencari tahu masing-masing rambu sesuai jenis sekaligus detail gambar yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *