Bikin Penasaran, Simak Keuntungan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito!

Ada beberapa jenis reksadana yang bisa kamu pilih ketika melakukan investasi lewat reksadana. Namun bagi para investor pemula yang ingin berinvestasi dengan dana minim, untung besar dan resiko kecil bisa memilih reksadana jenis pasar uang. Jika dibandingkan dengan tabungan deposito, keuntungan reksadana pasar uang tentu  lebih menjanjikan.

Keuntungan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito

Reksadana pasar uang sendiri adalah salah satu jenis reksadana yang paling aman saat ini. Sampai saat ini masih banyak orang yang lebih memilih untuk menyimpan uangnya di deposito.

Alasannya tentu saja karena faktor keamanan dan jaminan pemerintah. Padahal jika diteliti Reksadana punya keamanan yang sama serta keuntungan yang lebih banyak dibanding deposito. Lalu apa saja keuntungannya?

●        Modal Investasi yang Sangat Rendah

Reksadana pasar uang disebut menjadi salah satu jenis Reksadana paling aman saat ini, disamping itu modal investasi yang dikeluarkan dimulai dari harga paling murah.

Kamu yang memiliki budget minim tetapi tetap ingin belajar investasi sangat bisa mencoba menggunakan reksadana jenis pasar uang. Untuk jumlah minimal dari dana investasi yang bisa kamu setorkan adalah mulai dari Rp 100.000 saja.

Keuntungan Reksadana
Sumber : pexels.com

Tentu saja sangat murah dan ramah di kantong bahkan bagi para mahasiswa sekalipun yang ingin mencoba menjadi investor pemula. Berbeda sekali dengan deposito, di mana kamu harus menyediakan modal minimal satu juta untuk bisa melakukan penyetoran tabungan.

●        Punya Jangka Waktu Fleksibel

Reksadana merupakan jenis instrumen investasi yang sangat fleksibel untuk jenis pasar uang. Terlebih cara investasi reksadana juga sangat mudah. Kefleksibelan itu juga terdapat pada jangka waktunya yang tidak terbatas alias kamu tidak akan terikat oleh jangka waktu.

Berbeda dengan deposito yang memberikan jangka waktu tertentu. Kamu terlebih dahulu harus menandatangani kontrak deposito dan persetujuan jangka waktu yang diinginkan. Misalnya 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Karena reksadana memiliki jangka waktu fleksibel, ini juga berpengaruh kepada pencairan dana investasi yang bisa dilakukan kapan saja. Karena pada tabungan deposito, baru bisa melakukan pencairan uang pada saat waktu jatuh tempo.

Bisa saja melakukan pencairan uang sebelum jatuh tempo di deposito, hanya saja nanti kamu akan mendapatkan penalti atau denda. Penalti atau denda ini minimal sebesar 2% dari jumlah uang yang ada di deposito.

●        Punya Likuiditas Tinggi Tapi Minim Resiko

Ketika kamu melakukan investasi perlu dilihat atau diperhatikan pula likuiditasnya. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban harta yang dimiliki. Jika likuiditas tinggi maka kamu bisa menerima hasil investasi lebih cepat.

Nah untuk reksadana jenis pasar uang sendiri memiliki likuiditas yang terbilang cukup tinggi. Disisi lain dengan keuntungan berupa likuiditas yang tinggi, reksadana jenis ini memiliki resiko yang sangat minim.

Pada reksadana pasar uang,  jika terdapat resiko bisa sangat minim. Sebab sudah ada peraturan yang berlaku bahwa investasi kamu akan diletakkan hanya maksimal 10% pada masing-masing jenis pasar uang.

●        Keuntungan yang Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan deposito, keuntungan reksadana pasar uang jauh lebih tinggi. Belum lagi bunga deposito dipotong dengan biaya admin dan pajak pertahunnya. Jadi bisa dibilang kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih kecil lagi lewat pemotongan tersebut.

Investasi Reksadana Terproteksi Dari DBS Treasures

Untuk melakukan investasi jenis pasar uang kamu bisa memilih dari DBS Treasures lewat Reksadana  Terproteksi. Investasi lewat Reksadana Terproteksi akan jauh lebih aman dan nyaman serta mendapatkan berbagai keuntungan. Sebab, RDT (Reksadana Terproteksi) adalah jenis investasi jangka menengah dengan kelebihan yaitu return yang lebih tinggi dari produk perbankan tradisional.

  • Investasi pada aset yang aman dan terpercaya, tenang saja karena kamu bisa memilih rangkaian produk Reksadana Terproteksi yang sudah dikelola oleh manajer investasi terkemuka dan profesional. Kamu juga bisa memilih jenis kelas aset agar bisa memastikan keamanan dan kenyamanan saat berinvestasi.
  • Panduan dalam investasi, bagi para pemula atau pun profesional yang belum mengerti cara berinvestasi yang tepat akan diberikan panduan bijak dalam berinvestasi. Reksadana Terproteksi akan memberikan wawasan dan juga panduan dalam perjalanan investasi kamu.
  • Mendapatkan kupon reguler, kamu yang memilih untuk investasi di aset kelas pada Reksadana Terproteksi, akan mendapatkan penawaran terbaik berupa kupon reguler untuk pembayaran. Nantinya kamu akan diberikan jadwal pembayaran kupon sebagai investor.

Jadi itu tadi keuntungan reksadana pasar uang yang bisa kamu dapatkan jika memilih investasi jenis reksadana ini. Nah bagi kamu yang ingin berinvestasi di jangka menengah bisa memilih Reksadana Terproteksi.  Karena merupakan jenis Reksadana terstruktur yang memberikan perlindungan 100% pokok pada investor saat jatuh tempo.

 

Sumber :

https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/capital-protected-fund https://duwitmu.com/reksadana/4-alasan-reksadana-pasar-uang-lebih-baik-dari-deposito/ https://www.most.co.id/tips-investasi/4-alasan-kenapa-investasi-reksadana-pasar-uang-lebih-untung-daripada-depositohttps://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2020-11-04/taruh-rp10-juta-di-deposito-dan-reksadana-mana-lebih-untung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *