5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Bali adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia dan di dunia, masyarakat Indonesia pasti akan bangga dengan keberadaan pulau dewata ini. keindahan Bali patut dibanggakan yang bukan hanya terkenal secara nasional namun hingga internasional. Bali memang dikenal akan keindahan alamnya terutama pantai namun sebenarnya terdapat makanan khas Bali yang wajib dicicipi.

Makanan Khas Bali
Makanan Khas Bali

Wisata Kuliner Bali

Bali terkenal karena memiliki pantai yang indah dan pemandangan hijau yang memukau para pelancong, selain itu juga menawarkan berbagai wisata kuliner yang lezat dan unik. Inilah beberapa masakan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang merupakan ayam masak yang menggunakan bumbu khas Bali sehingga bisa membuat masakan yang pedas dan enak. Cara memasaknya pun tidak mudah, karena ayam betutu dibakar dengan sekam arang dan dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu.

Untuk menikmati menu masakan ayam betutu, Anda bisa mencoba mengunjungi salah satu restoran favorit di Bali yaitu Ayam Betutu Khas Gilimanuk di Jalan Raya Tuban No. 2X. Ada juga lokasi lain di Jalan Buluh Indah No. 51X, Jalan Merdeka No. 88 di Renon, dan Jalan By Pass Ngurah Rai No. 89 di Nusa Dua.

  1. Nasi Tepeng

Yang suka rasa pedas punya sajian lain yang dapat dinikmati. Nasi tepeng dimasak menggunakan nasi hingga lembek kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu yang nantinya dipadukan dengan berbagai tambahan seperti kacang merah, daun kelor, terong, nangka dan aneka sayuran. Jika anda datang ke pasar Senggol di Gianyar, anda akan menemukan bahwa harga nasi tepeng ini sangat murah yaitu Rp. 10.000. Namun, pasar ini hanya buka dari jam 6 sore sampai jam 11 malam.

  1. Sate Lilit

Sate lilit tidak sama dengan sate biasa. Daging sate tersebut dipotong kecil-kecil dan disatukan menggunakan tusuk kayu. Daging sate kecil tersebut sebenarnya dihaluskan dan dipadatkan di sekitar batang atau batang serai.

Makanan khas Bali memang memiliki bumbu khasnya tersendiri sehingga Sate Lilit juga dimasak dengan berbagai macam bumbu yang terdiri dari bawang putih, serai, daun jeruk, dll, sehingga rasanya juga bikin ketagihan. Untuk menyicipi Sate Lilit, Anda dapat mengunjungi Sate Lilit Be Paseh yang berlokasi di Renon di Jalan Pemuda III No. 24.

  1. Lawar

Lawar merupakan masakan khas Bali yang dibuat dalam bentuk campuran dari berbagai macam sayuran dan daging, dipotong-potong dan dibumbui dengan berbagai bumbu khas Bali. Daging yang digunakan untuk membuat Lawar bisa dipilih sesuai selera baik itu daging ayam, daging sapi, maupun daging babi.

Hal unik dari hidangan ini adalah darah di dalamnya. Lawar Sapi akan menggunakan darah sapi untuk menambah warna merah pada masakan dan juga meningkatkan rasa nikmat dari masakan tersebut.

Apabila Anda ingin mencoba sajian unik ini, Anda tidak akan kesulitan menemukannya karena dapat langsung mengunjungi kawasan Kuta dan mampir ke Warung Makan Tianyar Mudah di Jalan Tuan Lange No. 20.

  1. Nasi Sela

Apakah Anda pernah mencoba ubi yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan nasi? Nah, sajian sederhana namun sehat ini wajib dicoba sendiri. Nasi Sela adalah masakan khas Karangasem, namun kini Nasi Sela bisa dengan mudah ditemukan di seluruh daerah Bali. Anda dapat berkunjung ke Karangasem dan langsung mencari Nasi Sela tanpa masalah. Anda bisa menyicipi Nasi Sela di Warung Mek Luh yang terletak di depan RSUD Karangasem.

Namun apabila Anda ingin mencoba membuat makanan khas Bali ini di rumah juga bisa. Banyak resep masakan ini yang bisa ditemukan secara online. Untuk bahan-bahannya bahkan bisa dibeli secara online yang lengkap dan terjangkau di Blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *