10 Manfaat Buah Kepel Kaya Nutrisi

Buah kepel atau biasa disebut juga dengan burahol, turalak, cindul, kecindul, simpol atau kepel apple ini yaitu buah orisinil Indonesia lebih tepatnya berasal dari Yogyakarta. Buah ini mungkin masih sedikit gila di indera pendengaran kita, namun perlu diketahui bila dalam buah ini mengandung banyak vitamin C, A dan E serta beberapa jenis flavonoid menyerupai alkaloid, quercetin serta fenolik dan juga mineral serta beberapa jenis antioksidan. Pohon kepel umumnya tumbuh di kawasan tropis dengan ketinggian bisa mencapai 20 meter. Buah kepel ini mempunyai kulit berwarna kuning kecoklatan yang bila dilihat sekilas tampak menyerupai buah sawo namun kepingan dagingnya berwarna oranye dan rasa yang manis. Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata ada begitu banyak manfaat buah kepel bagi tubuh yang beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini.

Manfaat Buah Kepel
Manfaat Buah Kepel
    1. Mengatasi Asam Urat

Dalam buah kepel mengandung komponen bersifat antihyperuricemic yang berfungsi untuk mengatasi kelebihan atau kekurangan kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk seseorang yang mempunyai kadar asam rat tau hyperuricemia dan bisa mengakibatkan asam urat ini disarankan untuk mengkonsumsi buah kepel untuk enetralkan kadar asam urat dalam tubuh.

    1. Melindungi Fungsi Organ Hati

Dalam penelitian yang dilakukan pada Universitas IPB dibuktikan bila buah kepel mempunyai khasiat hepaprotektif atau bisa menawarkan pertolongan pada fungsi organ hati hanya dengan mengkonsumsi daging uah kepel. Dari hasil riset dibuktikan bila buah ini akan mengembalikan fungsi produksi enzim dalam organ ati hingga regenerasi sel hati yang rusak bisa dilakukan.

    1. Anti Kanker

Dalam daging buah kepel mengandung acetogenin, isoflavon dan juga styryl lactons yang sangat berkhasiat sebgai solusi kanker. Acetogenin yaitu senyawa penghambat permeabilitas mitokondria dari sel kanker yang ekaligus juga mengontrol apoptosis sel kanker. Sedangkan styryl lactons berkhasiat untuk meningkatkan umor pressor gene dan isoflavon yang bermanfaat untuk mengendalikan estrogenik dari sel kanker.

    1. Mengatasi Masalah Ginjal

Khasiat selanjutnya dari buah kepel yaitu untuk mengatasi peradangan pada ginjal sekaligus mengurangi rasa akit yang ditimbulkan dengan cara yang sangat gampang yakni mengkonsumsi daging buah kepel setiap hari minimal 2 buah yang disertai juga dengan minum banyak air putih.

    1. Mengatasi Masalah Kandung Kemih

Manfaat vitamin C tinggi dan beberapa jenis antioksidan lain dalam buah ini juga berfungsi untuk mengatasi dilema kandung kemih. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur, maka proses mengeluarkan racun lam tubuh bisa berjalan lebih baik dari urin. Selain itu, antioksidan tinggi dalam buah ini juga sanggup membunuh neka macam jenis basil dalam kandung kemih sehingga pembuangan zat sekresi bisa semakin baik.

    1. Membantu Program Diet

Seperti jenis buah lainnya, buah kepel juga mempunyai manfaat serat yang sangat tinggi. Untuk itu, mengkonsumsi buah kepel juga sangat disarankan untuk membantu acara diet alasannya yaitu bisa enciptakan erut anda terasa kenyang lebih usang sekaligus mengontrol nafsu makan.

    1. Sumber Energi

Buah kepel yang sudah matang dan mempunyai rasa manis ini mengandung banyak gula yang bisa dipakai ebagai sumber energi. Gula dalam buah kepel nantinya akan diolah menjadi energi dari enzim sehingga bisa membantu acara anda sehari hari sekaligus memaksimalkan kinerja organ dalam tubuh. Namun meskipun anis, namun buah ini mengandung fruktosa yakni gula alami yang kondusif dan nantinya akan terurai menjadi lukosa dan laktat dalam organ hati.

    1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah kepel juga mengandung prebiotik yang sangat diharapkan tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk itu, dengan mengkonsumsi buah kepel ini, maka stimulasi perkembangan basil baik hususnya dalam usus bisa lebih ditingkatkan yang nantinya bisa menjadi solusi maag, sembeli, sakkit perut, elancarkan buang air besar dan aneka macam dilema pencernaan lainnya.

    1. Mengatasi Bau Badan dan Bau Keringat

Dalam riset juga dibuktikan bila buah kepel yang dikonsumsi akan secara alami bisa kuat pada produksi keringat serta enzim yang memicu anyir badan. Buah kepel akan mengendalikan produksi mercaptan dan juga engandung anti basil yang sangat penting untuk mencegah pembentukan amonia yang menjadi penyebab anyir eringat dan juga anyir mulut.

    1. Anti Bakteri

Dalam riset yang berbeda juga dibuktikan bila buah keperl mengandung biro anti basil yang sangat kuat. Selain itu, dalam buah ini juga mengandung terpenes, quercetin dan juga flavonoid serta kadar vitamin A danĀ  tinggi yang semuanya sangat berperan penting sebagai anti basil untuk mengatasi dilema kulit menyerupai erawat dan infeksi yang tentunya juga menjadi solusi kecantikan kulit alami.

Manfaat buah kepel tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi alasannya yaitu rasanya yang manis, namun ternyata juga mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan penting untuk mengatasi aneka macam penyakit dan juga menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya kepingan buah, namun daun kepel juga bisa dipakai dan dikonsumsi dengan khasiat yang tidak kalah banyak dibandingkan dengan kepingan daging buahnya.